Bahaya Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Rahasia ilmiah dibalik larangan minum dan makan sambil berdiri

Abu Hurairah ra. berkata, “Rasulullah Saw bersabda, ‘Janganlah salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, maka siapa yang kelupaan hendaknya menumpahkan apa yang telah diminumnya itu.” (HR Muslim)

Pada Awalnya Air yang masuk dengan cara duduk, akan disaring oleh sfringter. Sfringter adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal.

Jadi apabila kita minum sambil berdiri, air yang kita minum tanpa disaring lagi, dan Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadilah pengendapan disaluran ureter karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal, salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing adalah salah satu akibat dari minum sambil berdiri.

Begitu juga kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.

Akibat yang ditimbulkan dari minum sambil berdiri memang tidak langsung waktu hari itu, tapi lama kelamaan apabila kita sering minum atau makan sambil berdiri maka ketika terjadi pengendapan disaluran ureter ini akan mengakibatkan penyakit Kristal ginjal.

JADI… Itulah yang menyebabkan Rosulullah SAW. menyuruh kita untuk makan dan minum sambil duduk..

Allah berfirman : “Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah” (QS. Al Hasyr : 7)

SUBHANALLAH … Betapa banyak manfaat dari hal yang mungkin terlihat sepele (makan dan minum sambil duduk) namun memiliki manfaat yang sangat besar untuk kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri"

Post a Comment