Bahaya Vitamin C Jika Kelewat Dosis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tidak ada yang memungkiri Vitamin C (asam askorbat) adalah nutrisi untuk tubuh. Ada banyak sumber Vitamin C yang dapat diambil dari bermacam buah dan sayur-sayuran. Mengingat Vitamin C gampang luruh, terserap air dan keluar, banyak orang berpikir mengonsumi Vitamin dalam dosis besar demi menjaga bertahan dalam tubuh agak lama.

Hanya saja, yang perlu anda perhatikan, ada berbagai efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak vitamin C. Bahkan vitamin satu ini bisa sangat berbahaya untuk tubuh.

Menurut MayoClinic, vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan pengembangan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap besi. Pasalnya tubuh tidak memproduksi atau menyimpan Vitamin C, sehingga memang penting untuk selalu memperhatikan asupan vitamin ini.

Bagi sebagian besar orang, satu gelas jus jeruk dengan strawberi dan brokoli sudah cukup untuk memenuhi standar asupan vitamin C harian. Bagi orang dewasa batasan aman yang direkomedasikan ialah 2.000 miligram perhari.

Bila vitamin C alami melalui makanan dikonsumsi terlalu banyak, efek mungkin tak akan melukai tubuh. Secara alami, vitamin C akan keluar melalui air seni. Namun, bagaimana jika anda mengonsumsi vitamin C lewat suplemen, terutama dalam dosis besar. Effeknya menurut pakar akan membuat tubuh anda menderita. Berikut adalah beberapa efek samping

-Diare
-mual
-muntah
-sakit ulu hati
-kram perut
-sakit kepala
-insomia
-pembentukan batu ginja

Jika anda mulai merasakan keluhan-keluhan di atas, anda harus memeriksa kembali dosis vitamin C yang anda asup setiap hari. Segera ubah dosis, terutama bagi anda yang mengonsumsi suplemen vitamin C. Jangan lupa untuk minum banyak air setiap hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Vitamin C Jika Kelewat Dosis"

Post a Comment