Kenapa Tayangan SILET di Hentikan/Dibekukan KPI?

KPI menerima seribu laporan lebih atas tayangan Silet pada 7 November 2010.

VIVAnews - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menghentikan program Silet sementara waktu. Komisi menilai Silet memberikan informasi yang membuat kepanikan warga dan menambah beban korban bencana.

Hal ini disampaikan Dadang Rahmat Hidayat sebagai Ketua KPI  Senin 8 November 2010 dalam pertemuan bersama Dewan Pers dan pihak media terkait pemberitaan mengenai bencana yang menimpa Indonesia akhir-akhir ini mulai dari Wasior, Mentawai dan letusan gunung Merapi.

"Kami sudah keluarkan teguran terhadap program Silet untuk menghentikan program sementara waktu sampai Pemerintah mencabut status siaga di Merapi," kata Dadang.

Silet dinilai terbukti menimbulkan keresahan terhadap masyarakat. Dalam tayangan pada 7 November 2010. Saat itu diinformasikan bahwa akan terjadi ledakan Merapi pada 7 dan 8 November 2010.

Akibat pemberitaan ini, sebanyak 550 warga Muntilan berbondong-bondong pindah secara eksodus ke Nanggulan. "Kami betul-betul menghargai masyarakat khususnya Jogja yang terkena imbas tayangan ini. Sejak kemarin KPI telah menerima sebanyak 1.128 aduan terkait penayangan program tersebut," kata Dadang.

Rencana penghentian penayangan program Silet ini diminta KPI efektif mulai Selasa 9 November 2010 besok. Sementara untuk tayangan berita, Komisi akan terus memantau. "Jika ditemukan pelanggaran akan dikoordinasikan bersama Dewan Pers," ujar Dadang.

Dalam konteks berbeda, Pemimpin Redaksi RCTI Arief Suditomo enggan memberikan komentar langsung atas sanksi KPI terhadap Silet. Soalnya, kata Arief, dia tak punya kaitan proses produksi dengan tayangan karya rumah produksi Indigo itu.

"Editorial policy kami tentu sangat berbeda, semua penonton setia kami pasti tahu bedanya," ujarnya. Arief juga menegaskan dia tak dalam posisi memberikan pembelaan, ataupun menanggapi keputusan KPI terhadap karya rumah produksi Indigo itu.

Sebagai insan industri, Arief menambahkan, dia percaya industri kreatif harus diberi ruang cukup untuk berkreasi. "Khususnya karena ada P3SPS, maka pedoman itulah yang harus kita dijadikan referensi agar proses kreatif itu sendiri tidak berdampak buruk, apalagi meresahkan," ujarnya.

P3SPS adalah singkatan dari Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran.  Sementara pihak Indigo yang membuat program Silet tak hadir dalam pertemuan ini. (umi).


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
silet dibekukan, silet dihentikan, kenapa silet dibekukan, kenapa silet dihentikan, alasan silet dihentikan, alasan silet dibekukan, tayangan silet dihentikan kpi, tayangan silet dibekukan kpi, infotainment silet dihentikan kpi, silet melanggar kode etik, feni rose dan silet, pelanggaran tayangan silet, 7 november silet, berita merapi dan silet, ramalan silet merapi, sementara silet dihentikan, sementara silet dibekukan, sementara kpi silet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa Tayangan SILET di Hentikan/Dibekukan KPI?"

Post a Comment