Hujan Abu Merapi Capai Kec Pangalengan Kab Bandung

KAMIS, 04 NOVEMBER 2010 | 14:38 WIB

TEMPO Interaktif, Bandung - Abu halus hasil letusan Gunung Merapi mencapai sebagaian besar wialyah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. “Bentuknya kayak debu putih, tapi sangat tipis,” kata Camat Pangalengan Haris Taufik saat dihubungi Tempo, Kamis (4/11).

Menurut informasi yang dikumpulkannya dari warganya, hujan abu itu terjadi sejak pukul 06.00 hingga pukul 08.00, saat cuaca mendung di Pangalengan. Hujan abu itu ditemui hampir di seluruh desa di Pangalengan, terutama yang berbatasan dengan Garut.

Debu tipis putih itu terlihat jelas di atas benda-benda berwarna hitam. Butirannya lebih kecil dibandingkan hujan abu saat Gunung Galunggung yang sempat dialaminya dulu yang lebih tebal butirannya. ”Sekarang sudah mereda,” kata Haris.

Haris mengatakan, tidak ada kepanikan warga yang menemukan hujan abu itu. Kendati demikian, Haris mengaku, akan mencari tahu soal sumber hujan abu itu untuk menyiapkan antisipasinya jika dibutuhkan. ”Jangan sampai kita kecilongan karena hal-hal yang tidak diharapkan,” katanya.

Adanya hujan abu ini juga dirasakan oleh Iran, 30 tahun, pemilik kios rokok yang biasa mangkal di seputaran Gedung Sate, Bandung. Dia melihat hujan abu itu sekitar pukul 08.00 saat menunggu bus menuju Bandung di pangkalan ojek Desa Singajaya, Kecamatan Singajaya, Garut. ”Debunya kaya hujan,” katanya.

Hujan abu itu terlihat seperti bubuk tepung berwarna putih yang turun dari langit. Saat terkena abu, mata Iran terasa perih, dan menyesakkan pernapasan. Debu ini juga  mengotori kaca angkutan umum yang ditumpanginya saat menuju Garut.

Kepala Seksi Pengamatan Gunung Api Wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Agus Budianto mengatakan, besar kemungkinan hujan abu itu berasal dari letusan Gunung Merapi yang terbawa angin. ”Kebetulan letusan Merapi pagi tadi besar sekali,” katanya saat dihubungi Tempo.

Agus mengatakan, debu itu relatif tidak berbahaya. Warga tidak perlu memaksakan mengunakan masker untuk mengantisipasi abu itu. ”Dampaknya kecil sekali untuk penyakit, abunya sudah terfilter sama udara,” katanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hujan Abu Merapi Capai Kec Pangalengan Kab Bandung"

Post a Comment