Qurban 1 Dinar Untuk Qurban Bergizi

Lepas Ramadhan dan Idul Fitri, ummat Islam dunia akan menyambut hari yang tak kalah nilai kebesarannya. Yakni hari raya Idul Qurban atau hari raya Idul Adha. Pada hari itu, seluruh ummat Islam dari berbagai belahan bumi manapun datang menunaikan Ibadah Haji sekaligus menyempurnakannya dengan menyembelih hewan qurban.

Dalam ibadah qurban, mengandungi hikmah untuk membersihkan hati agar menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya iman dan taqwa. Kesediaan berqurban mencerminkan adanya pengakuan akan hak-hak orang lain, yang seterusnya dapat menumbuhkan rasa solidaritas sosial yang tinggi. Dengan syari’at qurban ini, kaum muslimin dilatih untuk menebalkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya dan menghidupkan hati nuraninya.
Ibadah qurban ini, sarat dengan nilai kemanusiaan dan mengandung nilai-nilai sosial yang tinggi. Oleh karenanya orang Islam yang tidak mampu mewujudkan nilai-nilai kemasyarakatan, dianggap sebagai pendusta agama (QS Al-Ma’un, 107:1-3).

Seperti tahun sebelumnya, Al-Azhar Peduli Ummat pada perhelatan akbar ini, juga menyiapkan diri menjadi jembatan kaum muslimin untuk menunaikan qurban. Dahulu, pada zaman Rasulullah saw nilai satu ekor kambing qurban senilai 1 Dinar. Sungguh luar biasa, jika kita konversi dengan mata uang rupiah hari ini, nilai 1 Dinar itu tak berubah, sekitar Rp 1,5 juta. Maka, jika kita menunaikan qurban senilai 1 Dinar, insya Allah kita telah menunaikan kewajiban sebagaimana zaman Rasulullah.

Tahun ini, Al-Azhar Peduli Ummat tetap membuka layanan Qurban by Request dengan teman Qurban Bergizi. Melalui Qurba Bergizi senilai 1 Dinar, tentu ibadah Qurban Anda makin menemukan makna terdalamnya. Qurban Anda di potong di komunitas masyarakat terpencil, dhuafa, fakir, miskin, tertinggal, dan rawan gizi.
Mereka tak pernah tahu kita, tapi lihatlah betapa bersyukurnya mereka oleh perantara sekerat daging Qurban Anda, aroma daging sarat gizi itu dapat dinikmati.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, pengalaman kami lima tahun terakhir menyalurkan qurban, kami berusaha bahwa ibadah qurban ini harus ditunaikan secara sempurna. Selain batasan waktu sebelum hari tasrik, bobot hewan qurban catatan penting bagi kami. Maka, dari pengalaman lapangan selama ini melengkapi kesempurnaan qurban Anda, kami memilih kambing/domba dengan berat 30 kg. sementara untuk sapi 300 kg.
Dampak dari penentuan bobot hewan qurban ini, tentu pada kenaikan harga hewan qurban. Tapi, kami tetap berpatok pada harga kambing pada masa Rasulullah, yakni 1 Dinar. Kami meyakini ini bagian dari ikhtiar untuk menuju kesempurnaan ibadah qurban kita. Maka, dua bulan sebelum qurban, kami telah memberdayakan peternak gurem untuk memelihara hewan qurban.

Tahun ini terdapat 1000 ekor kambing/domba dan 50 ekor sapi yang sudah ada di peternak. Para peternak itu, tidak hanya akan mendapatkan daging qurban, tapi juga bagi hasil dari pemeliharaan kambing. Kami memfasilitasi Anda juga berbagi gizi dengan para mustahik untuk mendapatkan paket daging, paket sembako, dan kacang ijo. Dalam catatan kami, sekerat daging saja ternyata tak cukup, karena sebagian besar penerima qurban Anda adalah mereka keluarga dhuafa dan rawan gizi.

Inilah nilai qurban Anda melalui Al-Azhar Peduli Ummat, tak sekadar memenuhi ibadah pribadi, tapi sekaligus ibadah yang memberdayakan dan berdimensi sosial kemanusiaan. Semoga Allah SWT menyempurnakan.
Tak lupa, seperti tahun-tahun lalu, mereka berterima kasih pada Anda para pekurban. Dan, dalam rasa itu mengalir doa-doa yang menembus pintu langit, agar ibadah qurban Anda mengantar pada keridhaan Allah dan menuju puncak ketaqwaan. Bersama Al-Azhar Peduli Ummat, kita tunaukan Qurban 1 Dinar untuk Qurban Bergizi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Qurban 1 Dinar Untuk Qurban Bergizi"

Post a Comment