PKS Bangun Barak Pengungsian Merapi

PKS Bangun Barak Pengungsian Permanen di Lereng Merapi
Elvan Dany Sutrisno - detikNews.com

Jakarta - PKS menilai aktivitas Gunung Merapi tidak akan berhenti. PKS akan membangun barak pengungsian permanen di lereng Gunung Merapi.

"Tadi pagi Sultan meminta kepada Presiden PKS agar dibangun barak pengungsian permanen untuk mengatasi letusan selanjutnya. Dan kami apresiasi itu untuk dibangun," ujar sekjen PKS, Anis Matta, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (29/10/2010).

Menurut Anis selama ini warga lereng Merapi enggan mengungsi karena barak pengungsian kurang nyaman. Padahal musibah letusan Gunung Merapi ini tidak hanya terjadi satu atau dua kali.

"Makanya kita akan membuatkan tempat pengungsian yang muat 10.000 orang agar nyaman dan para pengungsi betah," ujar Anis.

Rencananya, menurut Anis, barak pengungsian tersebut akan dibangun dalam waktu dekat. PKS akan bekerjasama dengan pemprov DIY untuk merealisasikan barak ini.

"Kita akan usahakan secetnya," tandasnya.

Selama ini pengungsi letusan Gunung Merapi diamankan di sejumlah pos pengungsian. Namun demikian banyak warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Akibatnya, banyak warga yang luka-luka hingga tewas terkena wedhus gembel atau awan panas yang dikeluarkan Gunung Merapi. Letusan gunung merapi kali ini saja nenewaskan puluhan orang, sementara itu puluhan orang lainnya luka bakar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKS Bangun Barak Pengungsian Merapi"

Post a Comment