Zakat adalah Energi

Oleh : Al-Azhar Peduli Ummat

Pembaca, salah satu pemandangan semarak, di depan kantor Al-Azhar Peduli Ummat yang mungil, saat jelang Ramadan begini, adalah membludaknya mustahik (kaum dhuafa). Mereka bertandang untuk mengambil haknya, yakni zakat. Tapi, nilai yang didistribusikan makin kecil. Hal ini, karena perolehan zakat mendekati Ramadan cenderung turun.

Masyarakat akan kembali melonjak sadar zakatnya, saat Ramadan. Pada bulan mulia ini, banyak orang ingin berebut pahala berlipat. Meski, kecuali zakat fitrah, tidak ada aturan yang mewajibkan zakat pada bulan Ramadan. Zakat harta, ditunaikan pada saat sudah mencapai masa haulnya, yakni 1 tahun.

Jika, zakat menunggu Ramadan, maka ada haknya mustahik zakat yang disandera. Padahal, orang yang menahan zakat itu, ibarat kita makan dari rezeki yang halal, menu halal dan sehat tapi tak pernah  dikeluarkan lewat belakang. Maka, makanan itu akan jadi penyakit, sakit perut, bahkan harus masuk rumah sakit.

Zakat adalah energi. Kedahsyatan zakat, selain menyelamatkan kalangan aghniya (kaya), juga energi untuk menyelamatkan umat manusia. Dengan zakat, kehidupan kaum dhuafa terselamatkan dari rajam derita dan kemiskinan. Pun, zakat adalah inspirasi energi yang mendorong manusia untuk selalu produktif. Hakekatnya, hanya orang-orang produktif yang kayalah mampu menunaikan zakat.
Moment Ramadan ini, harus kita hujamkan makna zakat, sebagai kekuatan energi produktif sepanjang masa yang punya kekuatan mendorong jiwa untuk rajin bekerja, beribadah, dan hidup dalam sistem Islam yang adil.

Dengan demikian, bukanlah orang miskin yang butuh zakat, tapi para muzaki (orang kaya) yang sejatinya amat perlu zakat. Karena zakat, membersihkan harta, mensucikan jiwa, dan memberikan keberkahan bagi yang menunaikan. Bahkan, jika orang tidak sholat meruntuhkan tiang agama, maka orang yang tidak berzakat telah menghancurkan sendi-sendi sosial dan kemanusiaan.

Selamat menjalankan ibadah pusa Ramadan.
Segera tunaikan zakat, karena Zakat adalah Energi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zakat adalah Energi"

Post a Comment