Resident Evil 4


Enam tahun berlalu sejak peristiwa di Raccoon City, kini Leon ditugaskan mencari putri Presiden Amerika yang diculik. Namun penyelidikannya ke suatu lokasi misterius di Eropa, memaksanya menghadapi peristiwa serupa dengan Raccoon City. Apa yang sebenarnya terjadi ?

Resident Evil 4 aslinya ditujukan untuk platform game console (seperti Sony PS2). Meski kemudian game ini ditranslasi ke PC, tetapi hasil translasi terkesan seadanya. Kelemahan terbesar Resident Evil 4 versi PC ini terletak pada sistem kontrolnya. Game ini praktis hanya mengandalkan keyboard, dan tak mendukung penggunaan mouse. Membidik musuh hanya bisa dilakukan dengan tombol keyboard, bukan dengan mouse, seperti layaknya game-game yang ditujukan untuk PC. Akibatnya, Anda dijamin akan mengalami kesulitan untuk membidik deyang mudah diikuti. Keterbatasan halaman membuat penyajian dalam bentuk walkthrough menjadi tidak memungkinkan. Oleh karena itu, kami hanya akan menurunkan strategi dan tipnya. Semoga bisa membantu Anda menamatkan game ini.

Tip
Kontrol
•    Meski telah ditranslasi ke PC,  ResidentEvil 4 masih mengacu pada versi console. Game ini seringkali mengharuskan Anda menekan tombol tertentu yang disimbolkan dengan angka. Refl eks saja belum cukup, Anda mutlak harus hafal tombol yang dimaksud. Seandainya Anda menggunakan keyboard dengan kofi gurasi tombol default, berikut adalah daftar tombol yang harus dihafalkan.
Simbol Angka
Fungsi
Default
1
Run/Cancel
Ctrl (R)
2
Ashley F


3
Action/Confirm
Enter
4
Status I


5
Ready Knife
Shift (L)
6
Ready Weapon
Shift (R)
7
Option Escape


8
Map M



•    Konfigurasi tombol default juga bisa diubah jika diinginkan. Untuk mengubahnya, masukkan cakram DVD game ini dan pilih menu Setup. Jika Anda menggunakan gamepad, hafalkan tombol sesuai korespondensi fungsinya.

Pergerakan
•    Meski tak memiliki fungsi Strafe (bergeser ke samping), Resident Evil 4 memungkinkan karakter Anda berbalik 180o. Caranya, tekan tombol “ S (mundur) + Shift (R ) (Run)”. Sangat berguna untuk menghadapi berbagai musuh dan boss. Anda bisa berlari menjauh, lalu secepat kilat berbalik, dan menembaki mereka yang mengejar.
•    Ada dua cara membuka pintu. Selain cara biasa, Anda bisa menendangnya. Caranya: saat muncul perintah “Open”, tekan tombol Enter (action) 2x. Cara ini membuat musuh  yang menanti di balik pintu ikut terhantam.
•    Jika Anda menembak musuh di kaki dan musuh jatuh berlutut, Anda bisa melakukan dua gerakan susulan, tergantung musuh yang dihadapi. Jika Ganado, Leon akan menendangnya. Sedangkan musuh lain seperti Zealot dan Army, Leon akan melakukan Suplex. Caranya, cukup dekati musuh dan tekan tombol yang diminta.
•     Untuk menamatkan boss tertentu, Anda harus segera mendekatinya, ketika musuh terdiam (stunned) setelah Anda tembaki. Selanjutnya, tekan tombol yang diminta.

Senjata dan Amunisi
•    Perlu diingat, amunisi hanya bisa didapatkan dalam lingkungan permainan. Anda tak bisa membelinya dari merchant. Jadi, usahakan menggunakan amunisi secara efektif. Strateginya cuma satu, bidik kepala!
•    Setelah chapter 2-1, kepala musuh yang hancur akan memunculkan parasit. Tapi itu bukan karena Anda menembak kepalanya. Meskipun Anda menembak tubuhnya, parasit tetap akan muncul seandainya ia memang ingin muncul. Hal lain yang perlu diketahui, kemunculan parasit dan item dalam box ternyata bersifat random (acak). Jadi jika Anda mengulang chapter yang sama, musuh yang memunculkan parasit belum tentu akan memunculkan parasit lagi. Hal serupa bisa terjadi pada item di box.
•    Untuk chapter tertentu, ada beberapa senjata yang wajib Anda miliki untuk menyelesaikan misi. Sebagai contoh pada chapter 3 (Castle), di mana Anda wajib memiliki Rifl e! Sebuah rocket launcher juga akan sagat membantu, jika Anda miliki mulai dari chapter Castle ini. Namun selebihnya, Anda selalu bisa mengandalkan shotgun.
•    Berikut adalah senjata yang bisa Anda miliki:
Pistol: Handgun/Punisher/Red9/Blacktail
Shotgun: Shotgun, Riot Gun, Striker
Rifl e: Rifl e, Semi-Auto Rifl e
Magnum: Broken Butterfl y, Killer7
Heavy Weapon: TMP (machine gun), Mine Thrower, Rocket Launcher, Special Rocket Launcher.
Grenade: Flash Grenade, Hand Grenade, Incendiary Grenade
•    Di luar itu ada senjata khusus yang hanya bisa didapat dengan kondisi tertentu: Matilda (tamatkan permainan), Chicago Typewriter, Handcannon (dapatkan 5 bintang dalam game mercenaries), Infi nite Rocket Launcher.

Merchant
•    Merchant adalah kawan terbaik Anda. Ia tak hanya berbisnis jual beli, tapi juga bisa meng-upgrade senjata Anda. Merchant tak menjual amunisi, dan hanya menjual health kit dalam jumlah yang sangat-sangat terbatas (tergantung apakah Anda memilikinya atau tidak)! Prioritas pertama yang harus Anda beli dari merchant adalah Treasure Map, dan Case yang berukuran terbesar yang ditawarkannya. Selain itu, merchant juga kadang menawarkan mini game yang bisa dimainkan jika iseng.

Treasure
•    Jika Anda mendapati ada treasure di map, tapi tak bisa ditemukan. Cobalah tengok ke atas. Jika didekat Anda ada pohon, bisa dipastikan di atasnya ada sarang di mana treasure tersimpan.
•    Treasure tertentu seperti butterfl y lamp, beerstein, dan lainnya. Sebaiknya jangan dijual, sebelum Anda melengkapi semua ornamennya. Jika kondisinya lengkap, harganya akan meningkat berlipat-lipat.

Srategi
Musuh
•    Ganados: Musuh berupa penduduk desa. Pergerakan mereka relatif lambat, dan hanya mengandalkan jumlah. Namun untuk merubuhkannya tetap butuh 3-4 kali tembakan handgun ke kepala, dan lebih banyak lagi jika membidik tubuhnya. Mereka baru lebih berbahaya jika mengeluarkan parasit. Membunuh parasit yang efektf, hanyalah bila Anda menembak langsung parasitnya.
•    Zealot: Musuh di Castle. Beberapa di antaranya ada yang membawa crossbow, berhelm dan berperisai. Sebisanya, bereskan zealot dengan crossbow secepatnya. Zealot dengan perisai bisa dihancurkan dengan shotgun. Zealot di luar itu relative mudah dihadapi, kecuali jika mereka telah mengeluarkan parasit.
•    Chainsaw Ganados: Ada dua jenis Dr. Salvador dan Bella Sisters. Mereka sangat-sangat mematikan, dan akan memenggal kepala Leon begitu tersentuh! Jadi jaga jarak, dan minimal gunakan shotgun untuk menghadapinya. Jika punya granat, jangan ragu untuk menggunakannya.
•    Serigala: Kecuali serigala baik yang terperangkap pada awal game, selebihnya adalah musuh yang menjengkelkan. Mereka sulit dibidik, dan akan memunculkan parasit. Sama seperti chainsaw ganados, gunakan minimal shotgun, atau granat.
•    Blind Slasher: Memiliki cakar seperti Wolverine, dan sangat mematikan. Ketika kali pertama menemui di penjara, Anda bisa memanfaatkan bel untuk meman cing perhatian mereka. Saat mereka menyerbu, hindari. Saat cakarnya menancap, tembak parasit di punggungnya dengan shotgun. Sedangkan pada pertemuan berikutnya, usahakan tidak berlari saat menghadapinya, agar tidak diketahui letak Anda.
•    Novistador: Sejenis serangga raksasa. Kali pertama dijumpai di sewer, di chapter Castle. Sebagian bisa membuat tubuhnya transparan, dan sebagian lagi bisa terbang. Gunakan hanya shotgun, dan bila memungkinkan bidik dengan rifle dari jarak jauh. Untuk yang terbang, tembak saat ia di udara.
•    Soldiers: Dijumpai pada chapter Islands. Strategi menghadapi mereka tak beda dengan Zealot.
•    Armored Soldiers: Mereka terlidung armor, jadi bidik kepalanya. Sebaiknya gunakan shotgun.
•    Chaingunner (J.J): Sangat mematikan. Berlindung saat ia menembak. Setelah berhenti, segera keluar. Gunakan shotgun atau jika punya, magnum, dan bidik kepalanya.
•    Regenerator: Mereka bisa memulihkan diri dengan cepat. Untuk menamatkannya, Anda harus membidik tiga parasit di bawah kulit mereka. Gunakan rifl e dengan infrared scope. Jika bisa kabur, kaburlah.
•    Spiky regenerator: Mereka tak hanya memiliki parasit di bagian depan, tapi juga belakang tubuhnya, sehngga membuatnya lebih sulit dihadapi. Ia juga bisa meloncat, ditandai dengan bergetar. Tembak saat ia mulai bergetar, untuk mencegahnya melompat, dan coba bidik parasitnya.

Boss
•    Del Lago: Sejenis ikan raksasa. Menghadapinya relatif mudah. Saat perahu Anda terseret, usahakan agar jangan menabrak pohon atau Del Lago. Kemudian, saat Leon berdiri dan memegang tombak, ikuti tanda panah untuk mencari Del Lago. Saat ia muncul, tunggu sesaat, dan bidik mulutnya.
•    El Gigante: Raksasa ini agak sulit dihadapi, namun Anda akan dibantu serigala yang Anda bebaskan dari perangkap di awal game. Usahakan untuk selalu berlari berputar-putar. Hindari serangannya. Bidik kepalanya saat ia ‘bermain’ dengan serigala. Saat ia terduduk, dekati dan tekan tombol yang diminta. Leon akan menyabet parasitnya dengan pisau. Lakukan tiga kali untuk menaklukkannya. Perhatian, El gigante kedua sebaiknya dihindari saat Anda akan memilih di antara dua rute (setelah episode Anda bertarung bahu membahu bersama Luis Sera). Rute kanan adalah mimpi buruk, karena Anda harus menghadapi El Gigante di area sempit. Itupun masih ditambah Anda membawa Ashley, dan harus membuka pintu yang dirantai. Jadi, pilih rute kiri. Di sini Anda harus menghadapi Bella Sisters.
•    Bella Sisters: Tak begitu sulit menghadapi mereka. Satu hal wajib, sebelum terjun ke bawah, pastikan Ashley bersembunyi di dalam kotak di platform atas. Dekati kotak itu bersama Ashley, dan tekan tombol F. Setelah Ashley bersembunyi, turunlah ke area tengah. Begitu Bella Sister muncul naik ke atas, lari dan tuju ke platform darimana Anda pertama naik. Tunggu Bella Sister dan para Ganado muncul, lalu tembaki dengan shotgun.
•    Village Chief: Hindari serangannya yang pertama dengan menekan tombol yang diminta. Selanjutnya, panjat tangga. Tuju sisi kiri, dan berlindung di balik plat baja. Tentakelnya tak akan mencapai Anda. Tembaki dia dari sini. Setelah tubuhnya patah, boss ini akan berayun-ayun antar tiang kuda-kuda bangunan. O iya, Leon akan otomatis kembali ke bawah. Larilah saat ia mendekat, kemudian berbalikcepat, dan tembak dengan shotgun. Lakukan hal sama beberapa kali untuk membereskannya.
•    Verdugo: Anda butuh rocket laucher untuk boss ini. Sebelum Anda mengaktifkan lift, hindari serangannya dengan menekan tombol yang diminta. Setelah mengaktifkan tuju pintu. Manfaatkan container berisi liquid nitrogen. Setelah FMV, dekati dan tendang dia, lalu segera bidik dengan rocket laucher.
•    Los Gigantes: Anda bisa melenyapkan salah satu raksasa ini dengan relative mudah. Panjat tangga. Tunggu salah satu dari mereka menggetarkannya, lalu meluncur turun. Tuju switch dan akses saat salah satunya berdiri di atas platform. Tapi setelah itu, menjauhlah dari pit. Untuk menghadapi sisanya, tembaki dia.  Saat ia mendekat panjat tangga, tembaki lagi. Saat ia mulai menggetarkan tangga, segera turun, tapi usahakan untuk juga menembaknya. Tebas saat parasitnya muncul, seperti pada El Gigante.
•    Salazar: Menghadapi boss ini sebaiknya gunakan rocket launcher. Jalan sedikit ke kanan. Bidik mata di kepalanya dengan shotgun. Saat pelindungnya terbuka, tembak dengan rocket launcher. Jika gagal membunuhnya saat itu, segera lari begitu kepalanya terbelah atau saat ia mengatakan “payback”. Turun ke bawah, lalu setelah terhindar dari serangannya, segera panjat tangga, dan hadapi lagi dia.
•    The “IT”: Monster ini sulit dihadapi, terutama karena Anda terkurung tiga kandang. Jadi hindari serangannya, tembak, lalu akses switch yang ada. Ja ngan focus bertarung dengannya di sini. Setelah keluar, tembak barrel seandainya ia di dekat situ. Masuki terowongan. Kunci dia, lempar granat dan tembak kepalanya.
•    Krauser: Gunakan pisau saat pertama menghadapinya. Tujukan serangan pisau ke tubuhnya. Hindari serangannya de ngan menekan tombol tertentu. Berodong dia dengan peluru jika memungkinkan, atau jika perlu gunakan granat. Setelah memiliki ‘tangan’ baru, Krauser menjadi musuh yang sangat tangguh. Gunakan strategi yang sama untuk mengalahkannya.
•    Saddler: Bidik mata di kakinya. Lemparkan granat ke bawahnya. Manfaatkan pula barrel atau switch di dekat situ. Saat ia jatuh, gunakan magnum, dan tembak mata yang dikelilingi semacam pisau. Setelah beberapa tembakan, ada Wong akan memberi spesial rocket launcher. Tembak dia dengan senjata baru ini. Anda juga bisa mendekat, saat ia jatuh, dan menekan tombol yang diminta untuk membuat Leon menusuk matanya.

Puzzle:
    Chapter 1-3: Green Orb Door
lokasi: Village: Chief’s House
Solusi: Gerakkan orb hijau ke atas sekali, lalu ke kiri sekali untuk membukanya.
    Chapter 1-3: Church Dial
lokasi: Village: belakang gereja
Solusi: pilih urutan berikut 3-3-3-4-4-4-3, dan dapatkan Green Catseye.
    Chapter 2-2: Church Color Light
Lokasi: Gereja.
Solusi: Putar lampu merah 2 kali, lampu hijau 3 kali , dan lampu biru sekali.
    Chapter 3-2: Portrait Puzzle
Lokasi: Castle: Setelah menghabisi pemimpin zealot bersenjata mesin raksasa.
Solusi: Tekan nomor ini secara berurutan: 1, 3, 2, 4. tekan OK/Quit.
    Chapter 3-3: Last Dinner
Lokasi: Castle: koridor ruang makan.
Solusi: Tuju pojok, akses bel meja. Saat muncul lukisan, bidik botol anggurnya.
    Chapter 3-4: Ashley’s Knight Tiles
Lokasi: Castle: Saat mengendalikan Ashley
Solusi: Gerakkan potongan kanan-tengah ke tengah. Lalu, potongan atas-kanan ke bawah. Potongan atas-tengah ke kanan, lalu potongan di tengah ke atas. Kemudian potongan kiri-tengah ke tengah. Potongan kiri-bawah ke atas. Gerakkan lagi potongan bawah-tengah ke kiri. Lalu potongan kanan-tengah ke bawah. Gerakkan potongan di tengah ke kanan. Lalu potongan atas-tengah ke bawah. Lalu potongan atas kiri ke kanan. Selanjutnya potongan kiri-tengah ke atas. Potongan bawah-kiri ke atas. Gerakkan potongan tengah ke bawah, dan potongan kanan-tengah ke tengah. Lalu potongan bawah-kanan ke atas. Terakhir letakkan potongan yang Anda ambil sebelumnya.
    Chapter 5-1: Colored Light
Lokasi: Island: Autopsy room.
Solusi: cek pintu terkunci. Lihat ke kanan. Putar warna biru sekali, hijau dua kali dan merah tiga kali.

Strategi Umum
•    Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bebaskan serigala yangterjebak perangkap pada awal game. Ia akan membantu Anda saat menghadapi El Gigante.
•    Ada dua jenis jebakan dalam game ini. Berbentuk peledak dengan sensor (tak lama akan ditemui setelah Anda membebaskan serigala), dan jebakan berupa perangkap seperti yang dialami si serigala. Perangkap ini lebih sulit terdeteksi karena berada di tanah, jadi waspada terhadap perangkap ini selama Anda di area Vi llage. Perangkap banyak terdapat setelah adegan batu berguling, tepatnya saat Anda mendekati rumah yang berisi Ganado pelempar bom. Atau setelah Anda bersama Ashley keluar dari pintu akses gereja di tengah desa.
•    Anda harus selalu memastikan Ashley aman. Pada tempat tertentu, Ashley juga bisa disuruh bersembunyi –seperti saat akan menghadapi Bella Sister. Jika Ashley tertangkap dan dibopong oleh musuh, Anda masih memiliki kesempatan untuk menembak jatuh musuh. Jika jarak agak jauh gunakan rifl e.
•    Leon tak bisa membawa banyak senjata. Tapi setidaknya ada tiga jenis senjata yang harus dimilikinya. Pertama adalah shotgun. Senjata ini sangat bisadiandalkan terutama dari jarak dekat. Jika musuh tak langsung mati, setidaknya ia akan terlempar jatuh. Senjata kedua adalah rifl e. Dalam banyak kasus, membidik musuh dari jauh lebih efektif daripada menyerbunya. Dan rifl e punyacukup kekuatan untuk meledakkan kepala musuh dari jarak jauh. Ketiga adalah handgun. Senjata ini punya daya tembak yang lemah. Ia harus Anda miliki hanya karena satu sebab, amunisinya adalah yang terbanyak yang bisa Anda jumpai sepanjang jalan. Sangat disarankan untuk mengganti handgun dengan jenis lain yang lebih bertenaga, seperti Punisher dan lainnya.
•    Musuh punya kecenderungan untuk selalu menyerbu. Jadi akan cukup bijak jika Anda memancing mereka datang ke suatu area, di mana hanya ada satu jalan yang harus mereka lalui untuk mendekati Anda. Jika mereka datang lebih dari satu, maka peluru shotgun Anda juga akan lebih efi sien, karena bisa menghantam sasaran lebih dari satu sekaligus.
•     Strategi terakhir adalah sering-seringlah melakukan save game. Resident Evil 4 memang tak bisa melakukan save game kapan saja. Anda butuh tempat yang ada mesin ketik untuk melakukan save game. Untungnya, game ini mengizinkan Anda untuk kembali ke area sebelumnya. Jadi, jangan ragu untuk bolak-balik kembali ke area sebelumnya, dan menyimpan (save game) perkembangan permainan Anda.
•    Selamat bermain.


di Ambil dari : PC Media pdf 06/2007  Game Walktrough oleh : Mardi Hartanto







Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Resident Evil 4"

  1. kalo mendapatkan bintang 5 itu gimana caranya...????cara bermainnya...sulit banget kayaknya...

    ReplyDelete
  2. bro, kalo ada petunjuk tekan 1+3 dgn 5+6 di keyboard gmn bro?? apa yg ditekan, tq bro,,

    ReplyDelete