Sehat Dengan Menangis

Berobat dengan Air Mata
Teman-teman, ternyata menangis itu menyehatkan lho.. Di dalam air mata banyak sekali kandungan-kandungan yang dapat menyehatkan tubuh. Para ilmuwan menyatakan bahwa jenis air mata yang dikeluarkan itu sebagai dampak dari kondisi perasaan dan emosional, air mata merupakan ungkapan mengenai reaksi kimiawi yang muncul sebagai jawaban atas adanya dorongan dan kondisi emosional. Air mata bahagia ataupun kesedihan sama-sama akan mengembalikan keseimbangan kimiawi tubuh kita. Air mata ini sangat kaya akan protein. Cairan air mata mengandung berbagai unsur, seperti sodium klorida, sedikit lender dan albumin serta unsur yang bisa mematikan bakteri, seperti lisozim, yaitu jenis enzim pelebur/pengurai.

Menangis akan meringankan seseorang dari tekanan jiwa. Sangat bermanfaat khususnya berbagai penyakit yang terkait dengan kegoncangan jiwa.

“sekalipun engkau sangat sedih, lapangkanlah tempat bagi rasa sakit itu dan area dari harapanmu. Menangislah sesuai dengan kemampuanmu sehingga engkau tidak terus menerus merasakan sakit, kemudian kenakanlah pakaian kehidupan. Keluarlah dengan membawa mata yang baru, yang telah dicuci oleh air mata”

“air mata itu laksana air hujan yang terhimpun membentuk banjir yang akan membuka jalan yang sebelumnya tertutup. Sebab, ia memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk menghadapi rasa sakit dan kesedihan dalam bentuk yang lebih baik”

7 cara melepaskan diri dari frustasi dan isolasi :
  1. Menenangkan diri
  2. Fadhfadoh (keterbukaan)
  3. Menangis
  4. Mengingat kembali kenangan yang indah
  5. Mencari tahu tentang kebahagiaan orang lain
  6. Keluar dari tempat-tempat umum dan menyalurkan hobi yang disukai
  7. Mengonsumsi makanan-makan yang secara medis mengandung unsure-unsur yang bisa melawan perasaan frustasi (protein, madu, kayu manis).
Air mata yang paling mahal adalah air mata ibu, yang paling tulus adalah air mata orang yang didholimi, dan yang paling bebas adalah air mata anak kecil.

Ada 10 macam tangis menurut Ibnu Qoyyim :
  1. Tangis kasih saying
  2.  Tangis khawatir dan takut
  3. Tangis cinta dan kerinduan
  4. Tangis senang dan kebahagiaan
  5. Tangis keluh kesah
  6. Tangis kesedihan
  7. Tangis ketidakberdayaan
  8. Tangis kemunafikan (sandiwara)
  9. Tangis pinjaman
  10. Tangis persetujuan
Apakah engkau mengetahui wahai saudaraku, bahwa diantara tujuh golongan yang dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya adalah seorang yang menyebut nama Allah (berdzikir) dalam kesendirian. Lalu kedua matanya mengalirkan air mata ?

Apakah engkau tahu bahwa Rosulullah, makhluk yang paling agung, suka menangis diberbagai kesempatan ? Beliau suka mencucurkan air mata tatkala membaca Al-Qur’an karena khawatir dan takut akan umat beliau ?

Tidak usah malu untuk menangis. Berusahalah untuk mengungkapakan apa yang tersembunyi dalam hati, dan tidak perlu mempersoalkan tradisi yang mendorong wanita untuk mengungkapakan perasaan dan emosinya, serta menuntut kaum laki-laki untuk menahan air mata sehingga ia terus menumpuk tanpa pernah menetes. Jika sudah demikian, maka engkau harus menghadapi resiko terjadinya penyakit. Ingat bahwa menangis adalah sebuah kondisi alami agar tubuh ini bisa mengatasi terjadinya ketegangan.

Manakala kita mengalami kegagalan, sedangkan air mata kita mengucur, maka bisa jadi ia akan berubah menjadi pancaran yang menyinari kita akan jalan masa depan, lalu kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan kita. Atau, bisa juga air mata ini menenggelamkan kita, lalu kita akan berenang di lautan keputusasaan yang gelap.

Jika engkau merasa ingin menangis, janganlah engkau tahan air matamu! sebab sebagian besar dari rasa sakit, kesedihan dan marah itu akan mengalir keluar bersamaan dengan keluarnya air mata.

So…teman-teman jangan pernah menahan tangis ya… siapa tahu malah akan menjadikan penyakit bagi kita.


diambil dari :http://ski.mipa.uns.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=91&Itemid=35

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Sehat Dengan Menangis"

  1. wow,,hikmahnya menangis ternyata dibahs jg para ulama, nice info

    lam kenal
    sy psg linknya y^^

    ReplyDelete
  2. postingan bagus menambah wawasan :)


    salam kenal ya

    ReplyDelete